Kamis, 16 Maret 2017

7 Prinsip Desain Yang Baik Menurut Skyseo


Desain grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) untuk menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu media dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Atau dengan kata lain desain grafis adalah sebuah proses kreatif yang mengkombinasikan seni dan teknologi untuk mengkomunikasikan ide-ide.



Kini desain grafis bukan dipandang sebagai profesi rendahan, karena lebih dari itu desain grafis sudah turut serta membawa keindahan dan pengaruh yang sangat besar khususnya dalam kreativitas dan media kreatif yang ada saat ini misalnya dalam dunia jasa desain company profile, periklanan, packaging, hingga perfilman.

Namun, desain grafis tidak datang begitu saja, karena tanpa kita sadari, ada beberapa aturan universal yang hadir dalam mendesain. Pedoman aturan ini dapat kamu aplikasikan ke segala macam konsep maupun desain yang dibuat. Apa saja prinsip desain grafis tersebut, berikut Skyseo merangkumnya untuk Anda.


DESAIN YANG BAIK ADALAH INOVATIF

Kemungkinan untuk inovasi dengan cara apapun itu tidak melelahan. Perkembangan teknologi selalu menawarkan peluang baru untuk desain yang inovatif. Tapi desain inovatif selalu berkembang seiring dengan teknologi yang inovatif, dan tidak pernah bisa menjadi tujuan itu sendiri.

DESAIN YANG BAIK MEMBUAT PRODUK BERGUNA

Sebuah produk dibeli untuk digunakan. Hal ini untuk memenuhi kriteria tertentu, tidak hanya fungsional tetapi juga psikologis dan estetika. Desain baik menekankan kegunaan produk sementara mengabaikan apa pun yang mungkin bisa menguranginya.

DESAIN YANG BAIK ADALAH ESTETIKA

Kualitas estetika dari suatu produk merupakan bagian integral kegunaannya karena produk yang digunakan setiap hari dan memiliki efek pada orang-orang dan kesejahteraan mereka. Hanya benda yang dilaksanakan dengan baik dapat menjadi indah.

DESAIN YANG BAIK MEMBUAT PRODUK  MUDAH DIMENGERTI

Ini menjelaskan struktur produk. Lebih baik lagi, itu bisa membuat produk secara jelas mengungkapkan fungsinya dengan memanfaatkan intuisi pengguna.

DESAIN YANG BAIK ITU JUJUR

Itu tidak membuat produk yang lebih inovatif, kuat atau berharga daripada yang sebenarnya. Jujur itu tidak berusaha untuk memanipulasi konsumen dengan janji-janji yang tidak bisa dilaksanakan.

DESAIN YANG BAIK ADALAH DESAIN YANG SESEDIKIT MUNGKIN

Sedikit, tetapi lebih baik – karena berkonsentrasi pada aspek-aspek penting, dan produk yang tidak dibebani dengan hal irelevan. Kembali ke kemurnian, kembali ke kesederhanaan.

DESAIN YANG BAIK ADALAH RAMAH LINGKUNGAN

Desain membuat kontribusi penting untuk kelestarian lingkungan. Ini menghemat sumber daya dan meminimalkan pencemaran fisik dan visual selama siklus hidup produk tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar