Selasa, 03 Januari 2017

5 Cara Mengaplikasikan Bentuk Kedalam Sebuah Gambar



Bentuk adalah salah satu aspek penting dalam membuat desain grafis. Bagaimana tidak? sebuah desain grafis tidak terkecuali yang dibuat oleh jasa desain logo tentunya tidak akan bisa tampil sempurna jika bentuk itu sendiri dilewatkan begitu saja. Pada umumnya, bentuk terdiri dari bentuk-bentuk dasar seperti lingkaran, segitiga, persegi, dan lain lain yang ditata sedemikian rupa sehingga menghasilkan karya yang bisa dinikmati.


Mengaplikasikan bentuk pada desain ternyata tidak bisa sembarangan, harus ada kesinambungan antara tema, background, bahkan jenis huruf yang dipilih. Berikut 5 tips cara penggunaan bentuk pada desain grafis Anda supaya terlihat tidak biasa.

1. Bentuk Sebagai Bingkai Konten

Bingkai adalah hal yang tepat untuk memperjelas fokus konten dari desain grafis yang Anda buat dan untuk memastikan pesan yang tertuang bisa tersampaikan. Bentuk yang paling efektif sebagai bingkai adalah persegi empat. Dengan begitu, penikmat karya Anda akan tertuju pada isi yang disampaikan, bisa berupa logo, tulisan dan hal lainnya yang diletakan di dalam bingkai itu sendiri.



2. Berkreasi Dengan Ukuran dan Warna Bentuk

Ukuran dan warna pada bentuk bisa dengan mudah diubah dan dikreasikan, hal tersebut menjadikan bentuk sebagai aspek serba guna yang dapat memperindah desain grafis Anda. Memperkecil atau memperbesar skala bisa menjadi contoh sederhana. Seperti gambar di atas yang menunjukkan persegi panjang di bawah tulisan “Hawaii” yang telah diubah skalanya dan mampu memberikan penekanan pada tulisan “Hawaii” itu sendiri.



3. Bermain Dengan Layer Bentuk

Membuat layer adalah cara unik untuk memastikan bentuk masuk kedalam desain Anda. Bentuk dapat menjadi alat yang berguna untuk infografis atau sekedar sebagai sentuhan tambahan saja. Salah satunya adalah bermain dengan layer atau lapisan dari berbagai macam bentuk. Contohnya seperti gambar dibawah ini yang menggunakan tiga macam betuk dasar dan mengkombinasikannya secara sempurna.



4. Bentuk Sebagai Penanda Bagian Penting

Gunakan bentuk untuk menandai bagian penting dalam desain Anda. Seperti poin atau nomor. Sebuah bentuk kebanyakan akan menjadi titik fokus dalam desain Anda. Manfaatkan faktor visual dengan menempatkan angka atau elemen inti dalam bentuk. Untuk efek yang lebih halus, atur tingkat transparansi bentuk agar tidak kontras dan bisa masuk ke dalam desain Anda.



5. Kombinasikan Bentuk dengan Huruf

Jadilah kreatif mungkin dengan bentuk dasar yang ada saat ini. Misalnya dengan mengkombinasikannya dengan huruf-huruf. Gambar dibawah ini menunjukan lubang di dalam huruf telah ditutupi dengan bentuk. Dalam desain ini, lingkaran dan segitiga telah digunakan untuk mengisi daerah kosong dari huruf ‘B’, ‘R’ dan ‘A’ yang bisa menimbulkan karakter kuat pada typography di atas.



Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang mengaplikasikan bentuk kedalam sebuah gambar. Jadilah kreatif dan buatlah gambar yang menarik agar bentuk yang Anda gunakan bisa memberikan kesan mendalam pada grafis yang Anda buat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar