Kamis, 12 Januari 2017

Karir Cerah Para Desainer Grafis? Mengapa Tidak!



Bagi banyak orang, mendesain bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Dengan mendesain, kita bisa bermain-main dengan komposisi unsur-unsur desain untuk menghasilkan karya yang bisa diapresiasi oleh banyak orang. Bahkan lebih dari sekadar kesenangan, desain grafis menawarkan peluang kerja yang sangat cerah dan menjanjikan.


Tidak heran, jika di era digital sekarang ini banyak lowongan pekerjaan sebagai desainer grafis yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan bonafid dan ternama bahkan memegang peranan yang baik dalam jabatan didalam sebuah perusahaan, tidak terkecuali mereka juga bisa membuka pekerjaan sendiri seperti jasa desain company profile.

Orang yang berprofesi dalam dunia desain grafis disebut dengan desainer grafis. Profesi ini sangat menarik bagi sebagian orang, terutama mereka yang menyukai dunia seni. Ya, boleh dibilang menarik karena profesi ini mampu memadukan antara hobi dengan pekerjaan. Orang yang menggeluti dunia desain grafis umumnya beranjak dari minat yang telah tumbuh sejak dini. Misalnya, orang yang suka dengan bidang seni seperti menggambar, fotografi bahkan arsitektur akan cenderung menyukai desain grafis.



Terlepas bagaimana seseorang menyukai desain grafis, bidang yang satu ini menjanjikan lapangan kerja yang sering dicari orang. Saat ini peluang untuk bekerja di bidang kreatif dan menjadi seorang desainer grafis sangat banyak. Apalagi dengan semakin majunya teknologi informasi yang tak terbendung lagi, pintu masuk ke dunia desain grafis sangat terbuka lebar.

Bidang-bidang usaha yang bisa digeluti oleh desainer grafis yaitu periklanan, fashion, event organizer, properti, studio animasi, jasa web desain, dan sebagainya. Nah, melihat banyaknya bidang usaha yang bisa menjadi pilihan, tentunya banyak pula lowongan kerja yang tersedia. Lowongan kerja desainer grafis dapat dengan mudahnya kita temukan di iklan surat kabar atau koran. Selain iklan lowongan kerja di koran, orang juga bisa mencari peluang kerja di situs online.

Desainer grafis merupakan profesi yang bergengsi. Namun, profesi desainer grafis bukan semata masalah gengsi atau kebanggan. Yang lebih penting adalah bagaimana seorang desainer grafis mampu melakukan tanggung jawabnya sebagai komunikator visual yang kreatif. Jika sobat bisa menjadi desainer grafis yang kreatif tentu akan banyak pekerjaan yang menanti.



Dengan kreativitas yang dimiliki, desainer grafis tak perlu menggantungkan hidupnya dengan mencari pekerjaan atau bekerja pada perusahaan lain. Jiwa kewirausahaan sangat perlu dimiliki oleh seorang desainer grafis. Apalagi melihat persaingan antar pencari kerja yang semakin ketat dan sempitnya lapangan pekerjaan, maka desainer grafis berkesempatan untuk mengembangkan jiwa wirausahanya dengan membuka dan mengembangkan usaha sendiri.

Bisnis yang dapat dikembangkan oleh desainer grafis misalnya dengan memproduksi pakaian seperti kaos atau T-shirt, merchandise, sablon, usaha reklame, ataupun studio desain. Untuk mengembangkan bisnis, desainer grafis perlu membekali diri dengan wawasan dan pengetahuan yang memadai. Tak hanya, belajar tentang seni dan desain, desainer grafis bisa belajar tentang hal lain yang mendukung seperti pemasaran, periklanan, psikologi, dan komunikasi.

Desain grafis memang menjadi pekerjaan yang mudah dan menyenangkan, akan tetapi ada harga yang sangat besar yang harus dibayar dari pekerjaan ini yaitu keterampilan serta keahlian yang baik. Jadi, memang tidak mudah mendapatkan apresiasi yang tinggi dari pekerjaan sebagai desainer grafis, namun jika Anda bisa menaklukan tantangan di depan Anda, terus berkreasi dan memiliki banyak visi kedepannya, maka bisa dipastikan bahwa pekerjaan dan karir yang cemerlang sudah menanti di depan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar