Kamis, 12 Januari 2017

5 Lapangan Pekerjaan Menarik Untuk Desainer Grafis



Di era digital saat ini, desainer grafis banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan baik lembaga pemerintah maupun swasta. Tak heran, profesi desainer grafis merupakan jenis pekerjaan yang banyak diminati oleh banyak kalangan, baik mereka yang baru lulus sekolah, kuliah D3 atau S1 atau mereka yang sudah berpengalaman.


Ada banyak jenis pekerjaan yang bisa dipilih oleh mereka yang ahli dibidang desain grafis. Selain jasa desain logo, umumnya pekerjaan ini bergerak dibidang komunikasi visual sehingga mudah untuk desain grafis masuk dan bergelut dengan pekerjaan-pekerjaan tersebut.

Lapangan pekerjaa apa saja yang umumnya tersedia untuk para desainer grafis? Untuk Anda yang serius ingin menekuninya, ini dia beberapa lapangan pekerjaan yang perlu Anda ketahui.

Biro Iklan (Advertising Agency)

Biro iklan atau advertising agency merupakan perusahaan yang sering dicari oleh para desainer grafis, baik mereka yang sedang kuliah untuk magang (internship) atau mereka yang sudah lulus kuliah untuk mencari kerja. Bekerja di advertising agency multinasional terbaik menjadi idaman bagi sebagian besar desainer grafis, karena gaji yang ditawarkan terbilang tinggi.

Sebagai desainer grafis di advertising agency, kamu akan terlibat dalam proses pembuatan iklan terutama iklan media cetak. Proses perancangan iklan memerlukan proses yang cukup panjang mulai dari briefing dari klien, brainstorming, perancangan konsep kreatif, eksplorasi visual hingga eksekusi iklan yang membutuhkan kreativitas dan teamwork yang tinggi.



Branding Agency

Bekerja di perusahaan branding agency terbaik menjadi impian bagi sebagian besar desainer grafis, terutama mereka yang jago mendesain logo. Selain kemampuan merancang desain logo (corporate identity), kamu akan banyak membuat desain stationery kit, marketing kit, brand identity manual guide, sign system, dan lainnya.

Desain-desain tersebut merupakan bentuk aplikasi logo yang nantinya akan diterapkan dan dapat menunjang aktivitas perusahaan. Bekerja di perusahaan branding agency ternama, kamu perlu dibekali dengan pemahaman konsep desain dan pemasaran yang kuat.



Percetakan

Percetakan banyak kamu temukan di setiap sudut kota. Artinya, lapangan pekerjaan buat desainer grafis itu terbuka luas. Setiap percetakan pasti membutuhkan tenaga desain grafis untuk merancang desain brosur, undangan, kartu nama, kop surat, dan sejenisnya. Meski banyak juga percetakan yang tidak menerima jasa desain alias hanya menerima desain yang sudah jadi, lalu tinggal dicetak.

Jenis-jenis percetakan itu sendiri bermacam-macam, ada percetakan offset, digital printing atau cetak sablon. Jika bekerja di digital printing, kamu tak hanya harus jago mendesain lewat komputer, tapi juga harus bisa mengoperasikan mesin cetak digital.



Penerbit

Bekerja di penerbit buku atau media lainnya, kamu akan lebih banyak berhadapan dengan teks yang sangat panjang dengan jumlah halaman yang cukup banyak. Untuk itu, kamu perlu punya kreativitas lebih dalam merancang layout buku dan harus betah melihat teks selama berjam-jam lamanya.

Dalam merancang layout buku, kamu harus pintar memilih jenis huruf (font) yang pas agar tulisan mudah dibaca dan menata paragraf yang menarik agar orang tidak cepat lelah membaca. Selain itu, kamu dituntut untuk bisa merancang desain cover atau sampul buku yang unik dan menarik.



Perusahaan Umum

Nah, kalau yang ini lapangan pekerjaan bisa perusahaan atau lembaga apa saja dan tidak berkaitan langsung dengan dunia kreatif. Misalnya perusahaan makanan, bank, asuransi, otomotif, klinik kecantikan, rumah sakit, instansi pemerintah, dan masih banyak lainnya. Wah, ternyata luas kan, lapangan pekerjaan buat desainer grafis. Tentu saja pekerjaan ini hanya beberapa, karena diluar sana masih banyak lapangan pekerjaan untuk desainer grafis lainnya yang bisa Anda pilih sesuai dengan minat dan passion.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar