Kamis, 19 Januari 2017

Inilah Tanda Kenapa Desain Website Anda Sangat Buruk



Desain website merupakan salah satu yang menentukan pandangan pengunjung untuk seberapa tinggi tingkat profesionalme perusahaan anda. Sama seperti desain logo, jasa pembuatan company profile atau identitas branding lainnya, website memegang peranan penting dalam menjaring konsumen.

Namun apa jadinya jika sebuah website tidak menjaring banyak konsumen dan tidak meningkatkan branding Anda? mungkin salah satu alasannya adalah desain website Anda sangatlah buruk.


Website yang baik ada karena dibuat oleh orang yang mempunyai pengetahuan cukup dalam membuat website. Jika anda memberikan pengerjaan website kepada orang amatiran dalam membuat website maka tamatlah sudah.

Berikut ini kami akan membahas beberapa tanda desain website anda buruk dan tidak menarik bagi klien.



1. Tidak Seimbang

Dalam desain grafis dan juga sebuah website, keseimbangan adalah salah satu prinsip utamanya. Hal inilah yang mengkoneksikan antar objek pada desain dan membantu anda dalam mengontrol penempatan elemen-elemen agar tetap proporsional.

Dengan adanya unsur keseimbangan dalam desain maka masing-masing akan tampak memiliki berat yang sama tampa harus kehilangan keunikan dan perbedaan pada layout desain itu sendiri. Jika anda salah menempatkan objek dan jadi berat sebelah maka layout anda akan terlihat buruk bahkan berantakan.

2. Background Yang Mengganggu

Menggunakan background yang terlalu detail dan berwarna tampak menyatu dengan objek lainnya dapat menghilangkan informasi penting dan sangat tidak menghargai hirarki visual. Jika gambar background memiliki impact yang lebih kuat dibanding objek lainnya, para pengunjung website tidak akan menangkap pesan website anda dan akan segera menutup halaman website anda.

3. Space Putih

Space putih disini merupakan ruang kosong antar elemen pada website dan tidak ada hubungannya dengan warna. Ruang putih ini berguna untuk meningkatkan keterbacaan, fokus dan aliran desain. Selain itu, space putih juga berguna untuk membuat website anda terlihat profesional dan bersih.

Layout yang bersih bukan berarti minimalis. Nersih disini artinya untuk memisahkan elemen yang tumpang tampak tindih dan terlihat berantakan. Kalau suatu elemen diberi margin 50px diatas, maka sebaiknya dibagian bawah juga demikian. Hal ini berguna untuk keseimbangan layout pula.



4. Menggunakan Music

Music dalam sebuah website bukanlah ide bagus untuk meningkatkan user. Mengapa? Music memiliki penggemar masing-masing dan belum tentu musik yang Anda mainkan sesuai dengan selera pengunjung. Jika lagunya hanya membuat sakit kepala dan menghilangkan konsentrasi saat berkunjung ke website Anda, maka dapat dipastikan bahwa user akan segera kabur dan meninggalkan website.

5. Menggunakan Flash

Tipe website ini jadi sangat disukai oleh orang-orang awam yang terkesima dengan berbagai animasi yang disajikan ketika dibuka. Padahal tipe website ini sangat tidak direkomendasikan bahkan oleh Google. Yang jelas website ini sangat buruk dari segi pandang SEO dan juga memakan waktu lama untuk membukanya. Apalagi di zaman HTML 5 ini, sebaiknya segera tinggalkan flash.

6. Overflow

Overflow disini terjadi ketika desain website anda melebihi ukuran layar sehingga sebagian halaman terpotong dan hasil di scroll ke samping atau  horizontal. Kalau memang desainnya bermaksud untuk bisa di-scroll horizontal sih tidak apa-apa.

Tapi kalau bukan, maka hal ini menjadi masalah. Ukuran idealnya adalah desain anda mampu tetap tampil baik dalam ukuran layar 1024 x 768 pixel. Dengan cara tersebut 98% tampilan akan tetap terlihat baik sedangkan 2% biasanya diambil untuk bagian vertical scroll.



Itulah beberapa kesalahan dan alasan mengapa website Anda tidak menjaring banyak user. Dalam beberapa hal, website memang harus di desain dengan sangat maksimal, bukan hanya untuk kesenangan dan eksistensi saja, tetapi juga untuk meningkatkan branding Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar