Rabu, 18 Januari 2017

Ini Dia Rahasia Untuk Mendesain Infographic Yang Keren



Banyak istilah-istilah yang kurang familiar dalam dunia desain grafis yang mungkin sering kita temui. Salah satu yang cukup sering di dengar adalah Infographic. Apa itu Infographic?

Seperti namanya, infographic merupakan informasi dalam bentuk grafis, informasinya disajikan secara visual. Infographic dianggap lebih menarik dibandingkan dengan teks biasa karena umumnya menampilkan banyak gambar menarik yang bisa membuat orang tertarik untuk membacanya.


Desain grafis bahkan jasa desain company profile tentu saja bisa membuat Infographic, karena media ini adalah ruang lingkup pekerjaan mereka. Tapi, bagaimanakah untuk mendesain Infographic yang keren dan menarik itu? simak infonya.



Pahami Data Anda

Tergantung pada klien, Anda mungkin menerima data yang telah diteliti secara mendalam serta diedit (Anda beruntung jika situasinya seperti ini) atau Anda mungkin akan menerima konten yang masih mentah dan berantakan (sayangnya situasi seperti ini terkadang tidak bisa dihindari karena akan ada saja klien yang menyediakan data yang mentah dan kacau dalam bentuk PDF, lembaran excel serta tautan-tautan untuk mengakses sumber-sumber lainnya).

Entah situasi yang mana yang Anda hadapi, hal terbaik yang Anda dapat lakukan adalah jika Anda dapat memahami data yang diberikan. Dalami segalanya dan berikan usaha ekstra untuk melakukan penelitianmu sendiri sebelum mulai mendesain.

Merupakan hal yang penting untuk mengetahui apa yang akan Anda sampaikan karena hal tersebut akan memengaruhimu saat mengambil keputusan akan tipografi yang akan Anda pilih dan jenis penyampaian yang akan Anda buat.

Temukan Cerita Yang Menarik

Walaupun Anda telah membuat jenis penyampaian yang mengagumkan dan telah memilih tipografi yang sempurna, sebuah infographic tidak akan benar-benar berfungsi dengan baik jika jalan ceritanya payah.

Anda harus membuat sebuah rencana mengenai bagaimana cara terbaik untuk menyampaikan ceritanya dengan data yang disediakan untukmu. Anda ingin menciptakan sebuah perjalanan visual dan Anda harus menemukan cara untuk membuat ceritanya berharga untuk disampaikan. Sebuah jalan cerita yang bagus adalah yang bisa mengalir dari awal hingga akhirnya.



Tipografi Yang Tepat

Tipografi, yang melibatkan jenis tulisan, spasi antar huruf, spasi antar baris dan elemen-elemen lainnya, berperan sangat penting dalam menentukan apakan sebuah infographic akan menarik atau malah membuat pembaca sakit kepala. Oleh karena itu, Anda harus sangat berhati-hati saat menentukan tipografi.

Pemilihan Warna

Saat memilih warna-warna untuk digunakan pada infographic, Anda harus ingat bahwa warna-warna yang terang mungkin akan menarik perhatian tetapi mereka bukan selalu yang terbaik. Tempatkan dirimu di posisi pembaca, apa yang akan Anda rasakan atau pikirkan saat melihat infographicnya?

Final Check

Poin terakhir ini mungkin terlihat remeh, tetapi memeriksa kembali semua yang berada di dalam infographic sangatlah penting. Anda tidak mau terlihat tidak profesional dengan adanya kesalahan pengejaan, data yang salah ataupun kesalahan-kesalahan memalukan lainnya bukan? Jadi ya, Anda harus membaca semuanya lagi sebelum menyerahkan hasil karyamu kepada klien.



Itu dia beberapa rahasia dalam membuat infographic keren yang bisa Anda lakukan. Ingat, infographic harus dibuat menarik karena jika tidak maka hasilnya hanyalah sebuah gambar biasa dengan banyak gradasi warna yang tidak terkonsep.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar