Senin, 09 Januari 2017

Ini Dia 'Peralatan Perang' Seorang Desainer Grafis



Menjadi desain grafis bukan hanya berkutat dengan image, coreldraw atau photoshop semata, tetapi juga dengan ide, kreatifitas dan keahlian sehingga menjadikan desain grafis bukan hanya sebuah profesi semata tetapi juga bagian dalam seni grafis digital.

Sama seperti profesi pada umumnya, desain grafis juga haruslah memiliki suatu skill tersendiri, tidak hanya itu, untuk menunjang profesinya dibutuhkan banyak peralatan sehingga sebuah project desain tertentu menjadi semakin hidup.


'Peralatan Perang' seorang desain grafis sama dengan profesi pada umumnya termasuk jasa desain company profile, dimana peralatan ini adalah beberapa tools yang digunakan untuk mendukung keahlian desain grafis dan menjadikan client senang dengan hasil grafis yang kita buat.

Beberapa peralatan ini memang terdengar umum, namun dibalik itu semua, fungsi utamanya sangat nyata dan dirasakan dengan betul oleh para desainer. Ini dia beberapa peralatan yang identik dengan desain grafis.

1. Komputer

Era digital sudah kita rasakan, maka tidak heran jika hampir semua profesi saat ini bergantung pada komputer, termasuk desainer grafis. Komputer umumnya berfungsi sebagai 'side kick' dalam mendesain grafis. Dalam sebuah komputer, banyak menyimpan program-program grafis seperti photoshop.

Apakah desain grafis bisa hidup tanpa komputer? bisa Ya bisa Tidak. Hal ini karena komputerlah yang mendukung desain grafis dalam 'merakit' karya-karya yang berhubungan dengan grafis.



2. Buku dan Pulpen

Hmmm.. jika kalian melupakan dua benda ini dalam menjadi desain grafis, maka Anda sangatlah salah. Buku dan Pulpen atau Pensil adalah dua benda konvensional yang bisa dijadikan benda dalam menuangkan ide sebelum ide tersebut di bubuhkan dalam media photoshop untuk selanjutnya di buat grafis berdasarkan tema dan topik yang akan dibahas.



3. Kamera

Kamera? Yes, benar sekali. Benda yang satu ini adalah benda lainnya yang identik dengan desain grafis. Ini dikarenakan, desain grafis memuat banyak jenisnya, salah satunya adalah fotografi. Kamera juga bisa menjadi benda dalam mengabadikan banyak moment dan inspirasi dari sekitar kita, inilah mengapa kamera sangat penting peranannya dalam desain grafis.



4. Alat Gambar

Sebelum menciptakan sebuah gambar yang di rangkai dalam photoshop, terlebih dahulu hendaknya para desainer menggambar desain seperti apa yang akan dibuat. Inilah mengapa alat gambar termasuk 'peralatan perang' yang identik dengan desain grafis karena untuk mendapatkan grafis yang sempurna harus dimulai dengan hal yang kecil.



5. Imajinasi

Terakhir, sebuah desain grafis tidak akan berjalan dengan lancar tanpa sebuah imajinasi yang muncul dari pemikiran kita. Terkadang, ketika kita sudah penat dan lelah dengan sebuah konsep yang tidak kunjung muncul, maka gunakanlah imajinasi yang meskipun nyeleneh tetapi bisa di terima asalkan masih menyatu dengan konsep grafis yang akan dibuat.


Itulah beberapa ‘peralatan perang’ yang harus dimiliki oleh semua desainer grafis. Bukan sebagai pendukung semata, tetapi peralatan ini juga bertugas sebagai mesin penggerak mahakarya dari desain grafis yang kita buat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar