Rabu, 04 Januari 2017

5 Kunci Dalam Desain Logo Untuk Branding



Logo merupakan simbol visual dari brand atau merek Anda. Logo merangkum identitas dan menciptakan rasa percaya serta keakraban di benak audience Anda. Jika Anda sedang memulai sebuah bisnis, maka logo merupakan satu hal yang tidak boleh dilewatkan.

Dalam mendesain logo, penting bagi Anda dan yang bergelut dibidang jasa pembuatan company profile untuk melihat apakah logo tersebut sudah memenuhi standarisasi tersendiri atau belum. Selain itu, logo juga harus original karena hal cipta itu penting dan Anda tidak ingin kan memiliki logo brand yang sama dengan yang lain yang nantinya berimbas buruk pada Anda.


Ada beberapa faktor dalam mendesain sebuah logo untuk branding Anda. Faktor-faktor inilah yang bisa menjadi standarisasi untuk Anda apakah logo yang sudah Anda buat sudah memenuhi hal-hal dibawah ini.



1. Apakah Sudah Tepat

Desain logo Anda harus menjadi bagian keseluruhan dari merek dan harus konsisten dengan semua aset visual lainnya. Serta menjadi tepat sebagai simbol perusahaan dan juga harus merasa otentik dengan industri Anda. Dalam memilih logo harus hati-hati, karena ini akan terhubung antara audiens dan persepsi mereka tentang produk atau jasa Anda.

2. Minimalis

Daripada logo yang bertele-tele dan tidak memiliki identitas, lebih baik memilih dan membuat logo yang minimalis namun memiliki represintatif yang baik pada perusahaan Anda. Hindari foto atau gambar yang berisikan teks dengan banyak rincian, karena akan mengakibatkan logo menjadi tidak jelas bila digunakan dalam dimensi kecil dan juga dapat menjadi tidak relevan dengan bisnis Anda.

3. Warna

Memang terdengar simple, namun warna memiliki efek yang bagus dalam sebuah logo. Warna juga membawa arti dan dapat menciptakan kesan pada merek Anda secara langsung. Misalnya, orange dan kuning yang memberikan perasaan menyenangkan dan energi, sementara biru menginspirasi kepercayaan dan otoritas.

Intensitas warna juga bisa menyampaikan makna, dengan warna pastel yang lembut tradisional sering dipilih dalam industri kecantikan dan kesehatan dengan warna neon digunakan oleh merek-merek yang ingin membuat kesan yang berani.



4. Lindungi Brand

Jika Anda telah bekerja keras untuk membuat logo yang bisa dibanggakan, Anda perlu melindungi logo tersebut dengan mengambil waktu untuk menulis pedoman merek yang ditujukan baik kepada karwyawan, afiliasi, media dan pihak ketiga lainnya bagaimana menggunakan logo Anda. Pedoman dapat mencakup CMYK tepat atau rincian RGB dari masing-masing warna, skala dan jarak antara masing-masing elemen dari logo Anda serta penggunaan setiap line yang Anda miliki.

5. Multi Purpose

Desain logo Anda harus dapat bekerja dalam berbagai dimensi yang berbeda. Logo harus tetap terlihat besar ketika dimensi berubah menjadi kecil seperti di media sosial. Sebuah vektor grafis profesional dibuat dengan skala yang diperhitungkan sebelumnya, sehingga di mana file grafis dapat menjadi terdistorsi ketika diubah ukurannya. Demikian juga, banyak detail dan teks juga di pertimbangkan sebelumnya dengan tepat sehingga akan membuat logo Anda tetap terbaca.

Itulah beberapa faktor kunci dalam mendesain sebuah logo. Logo sangat penting dan kehadirannya tidak boleh dibuat secara asal-asalan agar memberikan value tersendiri pada perusahaan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar