Kamis, 26 Januari 2017

Mendesain Label? Ikuti Dahulu Ketentuan-Ketentuannya



Mendesain label kemasan produk merupakan bagian tugas seorang desainer grafis. Sebelum kemasan di publikasikan, pastinya desainer terlebih dahulu membuat label untuk memberikan keterangan harga atau informasi lainnya terkait produk tersebut.


Ada beberapa hal dalam menciptakan desain label yang harus dimengerti dan dipahami sehingga dapat menghasilkan desain label yang unik dan menarik. Karena, seperti desain grafis lainnya, label juga tidak boleh sembarangan di desain karena bisa berakibat pada menurunnya branding karena orang merasa ada yang aneh dengan labelnya sehingga mereka tidak berniat untuk melihat bahkan membeli produk yang kita tawarkan.

Berikut ini beberapa ketentuan yang bisa Anda pelajari agar dapat mendesain label dengan lebih baik.



Gunakan Warna dan Tekstur yang Tepat

Dalam mendesain label, warna dan tekstur merupakan bagian terpenting yang harus diperhatikan oleh desainer grafis. Kamu harus bisa mempertimbangkan apakah dengan warna dan tekstur yang digunakan, tulisan yang ada pada label bisa terbaca dengan jelas sehingga mudah dipahami oleh para konsumen.

Pada umumnya, mendesain label dengan tekstur kasar baik untuk sebuah perusahaan bidang Botani, namun sebaliknya jika kamu mendesain label untuk perusahaan teknologi sebaiknya menggunakan tekstur halus dan warna silver untuk mencerminkan kualitas produk yang baik.

Mudah Diingat dan Unik

Selain logo perusahaan, dilansir situs jasa pembuatan company profile desain label kemasan produk juga harus dibuat dengan tujuan mudah diingat dan unik. Mendesain label dengan unik dapat mengangkat brand produk yang dijual sehingga lebih mudah menarik perhatian konsumen untuk melakukan pembelian. Tak jarang juga konsumen lebih melihat desain label terlebih dulu sebelum mereka memutuskan mana produk yang akan mereka beli dan bawa pulang.

Sesuaikan dengan Kemasan

Mendesain label kemasan berarti Anda pun harus menyesuaikan desain tersebut dengan kemasan produk. Hal utama yang harus diperhatikan adalah ukuran dan porposi desain label itu sendiri terhadap kemasan produk. Ini penting untuk dilakukan karena tentu akan terlihat aneh jika ukuran yang dibuat antara kemasan dan label tidak seimbang.



Mempertimbangkan Dampak Lingkungan

Mendesain label yang mudah diingat dan unik juga harus dibuat dengan mempertimbangkan dampaknya pada lingkungan. Semakin tinggi tingkat kreativitas seorang desainer grafis, maka ia pun dapat menciptakan desain label yang bisa didaur ulang sehingga tidak mencemari ekosistem.

Itulah beberapa tips dan ketentuan yang bisa Anda lakukan sebelum mendesain label kemasan untuk produk yang akan di pasarkan. Ingat, label adalah media visual yang harus di desain dengan menarik agar bisa memancing interaksi dan ketertarikan konsumen untuk melihat brand yang kita miliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar