Senin, 30 Januari 2017

Ketahui Perbedaan Graphic Designer, Web Designer, UI Designer, Front End Developer dan UX Designer



Di era teknologi informasi sekarang ini kita sering menjumpai beberapa pekerjaan yang berkaitan dengan website dan aplikasi. Memang, seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, banyak profesi yang saling berkaitan dimulai dari Graphic Designer, Web Designer, UI Designer, UX Designer dan Front End Developer.


Berbicara tentang 5 profesi diatas, mungkin terdengar sama namun juga berbeda jika dilihat dari apa yang mereka kerjakan. Pada kesempatan ini kita akan bahas terkait dengan penjelasan dan perbedaan dari profesi-profesi tersebut. Yuk, simak ulasan informatifnya.

Graphic Designer

Orang yang tugasnya mendesain pamflet, poster, brosur, buku dan media cetak lainnya, itulah Graphic Designer. Mereka umumnya mengatur komposisi image, teks, font untuk menghasilkan suatu grafis yang bagus sebagai bentuk komunikasi visual antara pemilik pesan dan khalayak yang dituju. Aplikasi yang biasa dipakai diantaranya Photoshop, Illustrator, Corel Draw.

Berkaitan dengan pekerjaan web, seorang graphic designer bisa saja membuat sebuat layout untuk halaman web lengkap, ada banner, menu, search box, content body, footer menggunakan Photoshop atau Illustrator. Namun untuk konversi menjadi halaman HTML dan implementasi CSS nya selanjutnya akan dikerjakan oleh web designer.



Web Designer

Web Designer bertugas untuk membuat halaman web, membangun struktur halaman web tersebut menggunakan HTML dan CSS. Mengatur layoutnya, termasuk diantaranya letak menu, banner, teks, posisi konten. Menata link dan konten didalam suatu webste sehingga menjadi suatu website yang utuh. Tugas dari web designer termasuk memastikan website tampak bagus secara visual.



User Interface (UI) Designer

User Interface Designer memiliki pekerjaan yang tidak jauh berbeda dengan web designer, terkadang si designer sendiri atau tempat dimana dia bekerja menamakannya secara berbeda. Namun bila web designer hanya mengerjakan pekerjaan website saja, UI designer mencakup interface applikasi smart phone atau software interface. Secara umum penerapan yang dilakukan web designer pada halaman web dan interface designer pada interface aplikasi/software adalah sama.



Front End Developer

Orang yang bertanggung jawab pada website di sisi implementasi HTML, CSS dan Javascript. Mereka bekerja tidak atas tuntutan supaya web terlihat bagus, artistik secara visual tapi lebih ke sisi fungsionalnya. Bagaimana supaya user mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan, tool-tips yang informatif, slide banner promosi yang efektif, ini semua dalam implementasinya dilakukan oleh front end developer.



User Experience (UX) Designer

Orang yang bertanggung jawab pada sisi experience (pengalaman) yang dialami oleh pengguna (user) pada saat mengakses suatu sistem. Sistem tersebut bisa website, aplikasi website, atau aplikasi smart phone. Sebagai contoh pada saat user mengakses website, apakah mereka akan mudah menggunakannya, apakah bermanfaat, efisien, tidak membingungkan.

Pada saat user membeli suatu produk di situs e-commerce apakah prosedurnya mudah atau justru terlalu rumit. Pada saat user mengisi form cukup hanya beberapa langkah atau malah memakan waktu. Ini semua adalah beberapa contoh pekerjaan yang harus diselesaikan oleh UX designer.



Itu dia beberapa informasi terkait perbedaan yang sangat mencolok dari Graphic Designer, Web Designer, UI Designer, Front End Developer dan UX Designer. Dilansir situs jasa desain company profile, penting diketahui bahwa kelima profesi ini erat kaitannya dengan dunia digital, maka tidak heran jika saat ini beberapa diantara mereka sangat dicari untuk meningkatkan branding yang dimiliki perusahaan melalui visual digital.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar