Senin, 23 Januari 2017

Perhatikan 5 Tips Ini Jika Anda Ingin Membuat Desain Website Yang Modern



Website yang bagus tidak terjadi karena kecelakaan atau kebetulan, semua membutuhkan proses, pemahaman dan latihan dari desainer website sendiri agar bisa menempatkan mana hal-hal yang cocok untuk bisa membuat website semakin out standing dan juga yang tidak.

Sebuah website dapat dikategorikan baik jika berguna, relevan dan punya desain yang baik. Latihan membuat desain website merupakan salah satu metode untuk tetap up-to-date dengan tren desain website yang terus mmengikuti perkembangan teknologi.


Desain website yang terlihat modern dan berkelas tentu disukai semua orang dan para klien di era digital saat ini. Walaupun semua website memiliki pendekatan yang berbeda, tetapi untuk membuat website terlihat modern diperlukan beberapa tips dan trik yang sama. Apa saja? yuk kenali di bawah ini.



1. Mengonversi Pengunjung Menjadi Customer

Dilansir situs jasa desain company profile desain lebih dari sekedar nilai estetika. Ya, anda tentu ingin punya website yang atraktif dan berestetika baik, tapi anda juga harus ingat kalau website bukanlah objek seni. Pengunjung tidak datang ke sebuah website hanya untuk mengagumi tampilan visual. Mereka mengunjungi website anda untuk mencari informasi tertentu atau untuk menyelesaikan tugas tertentu.

Kalau website anda menawarkan layanan jasa, maka buatlah website yang mengonversi pengunjung menjadi klien. Caranya? Dari gambar, gunakanlah gambar yang unik dengan warna atraktif, dan juga memiliki beragam teks dalam bentuk pesan yang memuat deskripsi, instruksi dan label.

2. Jangan Takut Akan Space Kosong

Hal yang paling sering saya jumpai dengan klien yang agak awam dengan desain biasanya mereka ingin semua informasi menjadi langsung terlihat dan tak boleh ada area yang tidak terpakai atau kosong. Namun sebetulnya, space ksong sangat penting guna memberikan penekanan lebih kepada setiap elemen website agar tidak terlalu ramai dan menghilangkan beberapa informasi yang sebenarnya harus dibaca oleh pengunjung. Elemen-elemen seperti gambar, teks, tombol, dsb harus diberikan ruang agar semuanya bisa terlihat dan tidak terlewatkan.

Dengan memberikan kosong, para pengunjung bisa lebih nyaman dalam membaca karena bisa fokus membaca dan memperhatikan setiap elemen website satu per satu. Jadi setiap objek memiliki cahaya tersendiri.

3. Tipografi

Ketika video dan gambar yang indah memberikan efek yang sangat tinggi untuk membuat website menjadi lebih indah, namun tidak dapat dipungkiri jika sebuah website didominasi oleh teks. Jika ada yang butuh perhatian ekstra ketika latihan membuat website adalah di bagian tipografi.

Beberapa tahun ke belakang, banyak website yang memilih menggunakan jenis ‘font aman’ seperti Arial atau Times New Roman. Tapi, apakah font jenis ini bisa meningkatkan user dalam website? mungkin jika melihat ke tahun-tahun sebelumnya.

Yang harus menjadi perhatian adalah ketika begitu banyak pilihan font, maka semakin banyak varian kombinasi yang bisa digunakan. Sebagin jenis font tidak cukup baik untuk digunakan dalam body text dan hanya baik digunakan untuk bagian judul / heading saja. Website yang baik setidaknya menggunakan 2 jenis font yang berbeda. 1 untuk bagian heading, 1 untuk body text. Menggunakan kombinasi font yang tepat sangat penting untuk bagian ini.



4. Add Less, Not More

Ketika membuat website, biasanya selalu ada godaan untuk nambah lagi, nambah lagi. Klien juga biasa selalu meminta untuk menambahkan fitur lainnya dan membuat website menjadi semakin penuh padahal semua tambahan ini bisa dibilang tidak penting dan menghancurkan desain layout. Anda boleh-boleh saja menambahkan sesuatu selama ada fungsinya. Namun jika website sudah terlalu penuh, sebaiknya pikirkan lagi, apa yang seharusnya bisa dihapus.

5. Kreatif & Menarik

Tujuan utama dari adanya website adalah untuk membuat para pengunjung menjadi terkesima dengan website anda. Anda ingin mereka untuk mengingat bisnis anda. Cara paling baik adalah dengan memberikan pengalaman menyenangkan ketika menjelajahi website anda.

Pengalaman menyenangkan ini bisa diberikan dengan beberapa efek animasi sederhana di beberapa elemen, video, gambar, infografis bergerak dan sebagainya. Yang penting adalah anda berpikir kreatif namun tetap mengedepankan prinsip-prinsip desain yang berakhir dikonvesinya pengunjung menjadi pembeli. Dengan sesuatu yang kreatif dan menyenangkan bagi pengunjung maka website anda akan lebih diingat oleh orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar