Selasa, 10 Januari 2017

Desain Logo : Apakah Hanya Visual Saja Atau Lebih Dari Itu?



Desain logo pada sebuah bisnis atau perusahaan tak hanya sekedar visual saja namun lebih dari itu desain logo memberikan identitas perusahaan secara keseluruhan dan mampu menunjang kesuksesan sebuah bisnis atau perusahaan.

Desain logo yang baik dan profesional mampu menarik customer potensial. Percaya? Ya, Anda dan orang yang berkutat dibidang jasa pembuatan company profile harus mempercayainya karena apa yang pertama konsumen lihat dari sebuah brand adalah logonya apakah menarik dan unik, ataupun tidak.



Setiap bisnis memerlukan strategi branding untuk memberikan identitas atau citra yang baik kepada customernya. Sebetulnya apa yang menarik bagi customer? Tentu selain kualitas dari produk, gambar visual juga berkontribusi atas pembentukan identitas sebuah bisnis atau perusahaan. Tak hanya kemasan dari produk itu sendiri namun juga identitas perusahaan secara keseluruhan.

Saat ini banyak produk dan service di pasaran yang mirip walaupun diproduksi oleh ragam perusahaan berbeda. Tentu setiap bisnis atau perusahaan perlu membedakan diri dari kompetitornya dengan memiliki image visual yang menarik, memiliki ciri khas dan tentunya berbeda, dan inilah tugas utama dalam sebuah logo yang bisa membedakan produk yang satu dengan yang lainnya meskipun bergerak dibidang yang sama.



Desain logo merupakan bagian dari branding. Logo merupakan simbol yang seringkali mengikutsertakan nama atau inisial untuk mengidentifikasi sebuah perusahaan, dan bukan hanya sebuah gambar yang dirangkai dalam grafis saja.

Desain logo juga memberikan identitas visual bagi sebuah perusahaan dan desain logo yang baik penting untuk memberikan citra perusahaan. Logo yang baik bisa diterima dimana saja dan tidak disalahartikan walaupun di berbagai negara berbeda.

Desain logo perusahaan multinasional mudah dikenali dan diingat di seluruh dunia. Salah satu desain logo yang paling terkenal adalah Coca Cola. Desain logo Coca Cola tidak berubah sejak tahun 1886 walaupun perusahaan-perusahaan lainnya memiliki desain logo yang berubah-ubah.

Desain logo digunakan untuk kop surat, packaging, brosur, produk dan masih banyak lainnya. Biasanya dipakai di media baik elektronik maupun cetak sebagai bagian dari advertising campaign.

Desain logo perusahaan merupakan wajah dari sebuah bisnis atau perusahaan dimana display grafis dari identitas melalui warna, font dan image. Tak hanya itu saja logo juga memberikan informasi penting mengenai perusahaan itu sendiri yang membuat customer mampu mengingat sebuah produk.

Desain logo yang standar dan tak menarik memberikan citra tak profesional dan ini membuat anda kehilangan customer yang potensial. Bagaimanapun sebuah logo haruslah sejalan dengan aspek-aspek visual lain dari perusahaan. Desain logo sebagus dan semenarik apapun takkan terlihat bagus saat dikelilingi oleh elemen grafis yang kontradiksi atau berlawanan.

Inilah mengapa logo merupakan hal dasar yang membentuk brand perusahaan secara keseluruhan. Customer lebih menyukai dan percaya pada brand-brand tertentu yang dari desain logonya saja sudah terlihat menarik dan memberikan kepercayaan. Bukan hanya merupakan image visual saja namun lebih dari itu berpotensi untuk meningkatkan sales dan memberikan kesuksesan pada perusahaan.



Desain logo yang bagus memberikan citra profesional dan kompetensi yang mampu menarik klien baru ketimbang perusahaan kompetitior dengan desain logo yang standar. Hal yang sering menjadi kesalahan dari usaha kecil menengah atau pebisnis pemula adalah mereka seringkali mengesampingkan pentingnya sebuah desain logo.

Mereka seringkali membuat kesalahan dengan membuat desain yang tak bagus dan asal-asalan. Hal ini akan membuat citra perusahaan atau bisnis anda kurang profesional dan nantinya akan berimbas pada klien.

Masalah budget merupakan hal yang mengemuka saat membicarakan pembuatan desain. Padahal saat ini logo yang profesional, berkualitas bagus dan mampu mencitrakan perusahaan dengan baik bisa didapatkan dengan mudah dengan budget yang kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar