Minggu, 15 Januari 2017

Yuk, Jadikan Desain Layout Iklan Anda Semakin Menarik Dengan Tips Berikut Ini



Iklan hadir di tengah-tengah masyarakat untuk membantu para pebisnis dalam upaya memasarkan sebuah produk atau jasa. Tidak bisa dipungkiri jika melalui sebuah iklan baik cetak maupun elektronik, masyarakat umum bisa memperoleh segala informasi yang berkaitan dengan produk kita.

Sebuah iklan yang baik haruslah memenuhi beberapa kriteria, salah satunya adalah menarik perhatian pembaca. Saat orang tertarik dengan iklan yang muncul, maka orang itu kemungkinan besar akan terdorong untuk menyimak informasi pada iklan tersebut.


Agar menarik banyak perhatian, Iklan khususnya dari jasa pembuatan company profile harusnya di desain dengan layout dimana memanfaatkan struktur dan anatomi iklan. Secara garis besar, layout iklan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu pembuka (opening), bagian tubuh iklan (body copy), dan penutup (closer).

Secara lebih spesifik, bagian - bagian iklan dapat dibagi menjadi : judul iklan (headline), sub judul iklan (sub headline), badan iklan (body copy), ilustrasi, flash, banner, dan logo. Ketahui informasi lengkapnya berikut ini.



Judul Iklan

Judul Iklan atau Headline berfungsi untuk menarik perhatian audiens berupa kalimat, kata-kata atau frase yang menonjolkan suatu produk secara sfesifik dibandingkan kalimat lainnya.

Umumnya, headline yang sering kita lihat di koran yang selalu ditampilkan di bagian paling atas. Nah, dalam dunia periklanan, headline tidak selalu ditempatkan di bagian paling atas. Headline bisa ditempatkan di mana saja dan dapat ditampilkan dengan huruf yang tidak terlalu menonjol. Penempatan headline berdasarkan pada konsep dan strategi kreatif yang memberi penekanan pada headline atau ilustrasi.

Sub Judul Iklan (Sub Headline)

Sub headline berfungsi untuk menjabarkan dan menegaskan lebih jauh judul iklan dimana untuk hal ini sub judul ditempatkan berdekatan dengan juduk iklan. Besar huruf  sub headline lebih kecil  daripada headline agar tidak mengaburkan pesan yang terdapat pada headline. Yang perlu diperhatikan, sub headline harus tetap ringkas dan tidak boleh melebihi panjang body copy.

Tubuh Iklan

Dalam layout iklan, naskah yang panjang disebut dengan tubuh iklan (body copy). Tubuh iklan bisa disebut juga dengan body text yang berisi informasi lebih detail dan memiliki huruf yang kecil daripada sub headline. Kehadiran body copy dalam layout iklan bukanlah suatu keharusan, namun sangat membantu untuk memperjelas informasi tentang produk dan jasa yang ditawarkan.

Ilustrasi

Umumnya, orang mudah tertarik melihat gambar dibandingkan dengan teks yang panjang. Ilustrasi merupakan elemen yang berfungsi sebagai stopping power yang tugas utamanya menarik perhatian orang. Oleh karena itu, pemilihan ilustrasi yang tepat merupakan kunci utama kesuksesan sebuah iklan. Ilustrasi iklan bisa berupa gambar baik foto, gambar manual, penggabungan beberapa gambar dengan bantuan software komputer grafis digital atau kombinasi antara teknik manual dan digital.



Flash

Jika Anda perhatikan, dalam desain iklan ada elemen grafis tertentu yang diberikan penekanan dengan memberikan sebuah bentuk natau bidang yang mencolok. Itulah yang disebut dengan flash. Flash mudah diidentifikasi dari ciri-ciri fisiknya yaitu mempunyai bentuk atau bidang yang terlihat berbeda dibandingkan dengan bidang lain di sekitarnya. Pada bidang tersebut, biasanya berisi kata-kata singkat yang dianggap penting dan perlu diberikan penekanan khusus.


Banner

Banner berupa bidang yang memuat informasi berupa teks atau logo yang ditempatkan pada area tertentu dalam layout iklan. Agar menarik audiens, banner memanfaatkan unsur grafis yang kontras atau berbeda dengan unsur lain di sekelilingnya. Seperti halnya flash, banner berisi informasi penting yang perlu mendapatkan penekanan. Bedanya, banner memiliki area yang lebih lebar dibandingkan dengan flash sehingga bisa dimanfaatkan secara optimal.

Logo

Inti dari penyusunan dan perancangan desain iklan adalah untuk membangun merek. Salah satu caranya yaitu dengan meningkatkan citra merek agar audiens memiliki persepsi positif terhadap merek. Logo adalah tanda atau simbol yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari merek. Melalui logo, audiens bisa mengenali sebuah merek yang ditampilkan pada berbagai media iklan.



Itulah beberapa layout iklan yang baik dan efektif yang bisa Anda terapkan. Sebagai tambahan, pada bagian akhir layout iklan, Anda juga bisa menyisipkan slogan yang mempresentasikan sebuah perusahaan atau brand Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar