Senin, 16 Januari 2017

Inspirasi Desain Grafis : Design Bauhaus



Desain grafis memiliki makna khusus bagi perkembangan zaman saat ini. Banyak juga inspirasi desain grafis yang bisa menjadi inspirasi, salah satunya adalah desain bauhaus. Apa itu?

Sekitar satu abad yang lalu Perang Dunia I terjadi dan menyebabkan kehancuran yang menyebar luas di Jerman. Dengan jejak kehancuran yang ditinggalkan oleh perang tersebut, terdapat keinginan-keinginan untuk terbangunnya tatanan sosial yang baru dan harapan-harapan kedamaian bagi rakyat Jerman. Oleh karena itu, sebuah gerakan yang dinamai Gerakan Bauhaus dimulai pada tanggal 12 April 1919. 

Gerakan ini terjadi pada banyak subjek, termasuk fotografi, seni rupa, media baru dan juga desain grafis. Tujuan dari gerakan bauhaus sendiri adalah agar masyarakat Jerman merasakan konsistensi dan stabilitas dalam apa yang tersisa bagi mereka. Dilansir situs jasa desain logo, gerakan Bauhaus lalu menjadi salah satu gerakan paling berpengaruh dalam sejarah desain.

Ada banyak ciri-ciri dan tampilan dari Desain Bauhaus sendiri. Mari kita bahas secara detail agar bisa menjadi inspirasi untuk Anda.

DESAIN SEDERHANA

Fungsi merupakan prioritas dalam desain Bauhaus. Desainnya menunjukkan fungsi lebih penting dibandingkan keindahan, selama semua informasi yang penting ada di sama, maka desain hanyalah sebuah pelengkap. Dengan kata lain, kesederhanaan dalam desain bauhaus sangat menonjol jika dibandingkan dengan desain lainnya yang cukup rumit.

WARNA BLOK

Unsur lain yang ada dalam desain bauhaus adalah warnanya yang beranekaragam dengan menampilkan banyak blok sebagai penyeimbangnya. Untuk membuka mata Anda tentang warna dalam desain bauhaus ini, berikut beberapa desain warna blok yang ada dalam desain bauhaus.



BENTUK GEOMETRIS

Anda mungkin telah melihat adanya bentuk-bentuk geomteris, seperti lingkaran dan segitiga, khususnya pada gambar di atas. Mengapa bentuk ini ada dalam desain bauhaus? Itu karena salah satu karakteristik desain Bauhaus adalah penggunaan bentuk geometris. Bentuk ini selalu ada untuk mendukung keindahan desain dan juga menjadikan desain bauhaus sebagai desain klasik namun memiliki unsur seni yang tinggi.

ASIMETRI

Secara tipikal, desain-desain Bauhaus terkenal karena ketidaksimetrisannya. Dari kartu pos Bauhaus di bawah ini, kita adapat melihat asimetrinya dengan sangat jelas. Segitiga-segitiga pertama yang berwarna merah dan kuning (terletak di atas), misalnya saja, tidak memiliki proporsi yang seimbang antara yang kiri dan yang kanan. Desain keseluruhannya juga tak terlihat simetris.

TULISAN SANS SERIF

Para desainer grafis menggunakan hanya satu jenis tulisan Sans Serif saat mereka mendesain sesuatu yang bergaya Bauhaus. Kamu bisa melihat dari gambar pertama dan kedua bahwa masing-masing gambar menggunakan sebuah tulisan Sans Serif, bersih dan sederhana.



Itulah sedikit informasi tentang desain bauhaus yang sempat hits dan masih di cintai masyarakat dunia hingga saat ini. Setelah melihat desain-desainnya, apakah Anda juga mencintai desain grafis bauhaus sendiri?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar