Selasa, 31 Januari 2017

Bagaimana Kriteria Seorang Desainer Grafis Hebat Itu?



Sebagai desainer grafis, kita patut bersyukur dengan kehadiran internet. Setiap harinya kita disuguhi oleh karya-karya yang outstanding dan menakjubkan, bukan hanya dalam konteks profesional saja tetapi juga amatiran yang tidak kalah jika berbicara tentang visualnya.

Entah itu ilustrasi, branding, advertising, digital imaging, kartun, dan sebagainya, desain grafis sudah masuk hampir ke semua lini media yang ada saat ini sehingga dunia ini sungguh dipenuhi oleh orang-orang yang bertalenta dan jenius.


Terkadang, kita semua pasti bertanya-tanya sendiri, "Bagaimana kriteria seorang desainer grafis yang hebat itu?". Pada artikel ini, kita akan mencoba mengurai beberapa poin yang membuat seorang desainer grafis itu menjadi luar biasa. Dan (sekali lagi) ini hanyalah pandangan personal, so, kamu juga boleh share apa poin yang menurut kamu bisa bikin seorang desainer grafis menjadi hebat.



1. Kreatifitas

Ini paling penting! Karena seperti yang dilansir situs jasa desain company profile, desain grafis bersifat dinamis, bergerak dan mengikuti perubahan. Taste setiap orang juga bergerak, persepsi dan daya visual juga mungkin berubah, dan desainer grafis siap ataupun tidak dituntut untuk mampu mengimbangi dan mengikuti pergerakannya.

Dan itu tidak mungkin terjadi kalau ide dan pemikiran tidak diimprove sedemikian rupa menjadi some thing that really out of the box. Outputnya dikenal secara massal sebagai kreatifitas dan pelakunya dikenal sebagai insan kreatif.

Permasalahannya, kreatifitas bukanlah bakat, tapi sesuatu yang perlu digali dengan usaha keras dan tanpa henti. Kreatifitas membutuhkan pengorbanan dan kemauan keras. Kreatifitas murni pilihan bagi setiap orang.

2. Communication Skill and Self Management

Komunikasi (verbal & visual) adalah faktor penting yang membedakan desainer pro dengan amatiran. Melalui karya, desainer grafis berkomunikasi (visually) dengan audiens. Desainer grafis juga dituntut mampu berkomunikasi (verbally) dengan klien. Baik itu ketika deal-dealan project, maupun ketika mempertanggung-jawabkan hasil karyanya.

Selain itu, desainer grafis hebat juga harus mampu memanage dirinya dengan baik. Manajemen diri dalam hal ini adalah tentang bagaimana seorang desainer grafis mempersiapkan dirinya sebagai profesional yang fokus, disiplin, dan bertanggung jawab pada setiap project yang dikerjakan.

3. Passion & Improvement

Nah, ini juga cukup vital : Passion (semangat, kemauan -red). Passion bikin desainer enjoy dengan pekerjaan. Passion juga yang bikin desainer mau belajar mengasah kemampuan. Passion membuat kita menjadi terus penasaran sampai akhirnya (sadar ataupun tidak) kita dibawa ke arah perbaikan (improvement) dalam rangka menjadi desainer grafis yang lebih baik setiap harinya.



4. Positive Attitude

And last, attitude save the world! Terserah mau pakai hukum Tuhan, hukum alam, atau hukum rimba sekalipun, seseorang dengan sikap (attitude) yang baik pasti akan menuai hasil yang baik. Sikap disini bisa berarti prilaku, cara pandang, idealisme, dan interaksi sosial. Membangun sikap positif ini bisa dimulai dengan melakukan hal-hal yang sederhana seperti : jujur, terbuka, memahami perbedaan, dsb.

Itulah beberapa kriteria dalam menjadi seorang desainer grafis yang hebat. Jadi, bagaimana kriteria seorang desainer grafis hebat menurut Anda? Silahkan berbagi melalui komentar!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar