Minggu, 29 Januari 2017

Mempunyai Logo Yang Buruk? Ini Dia Dampaknya Bagi Perusahaan



Sama halnya dengan kepentingan branding dan tagline sebagai identitas perusahaan Anda, logo juga memiliki peranan yang sangat penting. Dengan adanya logo, customer dapat mengingat dan mengenali bisnis Anda secara mudah khususnya saat dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

Logo yang mudah diingat tentunya akan mempermudah konsumen untuk mengenali bisnis Anda. Keunikan juga harus diperhatikan agar bisnis Anda terlihat berbeda dengan yang lainnya. Namun, apa jadinya jika perusahaan Anda memiliki logo yang buruk? tentu saja akan berimbas pada perusahaan yang Anda bangun.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa dampak yang bisa perusahaan rasakan saat logo perusahaannya didesain dengan sangat buruk.



1. Merusak Image Bisnis Anda

Kesalahan dalam mendesain sebuah logo akan berujung pada desain yang buruk. Alhasil logo tersebut tidak akan merepresentasikan bisnis Anda secara benar, sebaliknya justru akan merusak image bisnis Anda.

Jika konsumen tidak bisa mengerti representasi logo perusahaan Anda, mereka mungkin akan membuat asumsi yang salah. Akibatnya, berbagai marketing campaign yang dilakukan pun tidak akan berjalan sesuai dengan keingingan karena image bisnis yang terbentuk sudah terlanjur rusak.

2. Menghancurkan Bisnis Secara Perlahan

Banyak perusahaan yang mengeluh kenapa bisnis mereka tidak pernah mencapai target penjualan yang telah ditentukan. Namun Anda tidak pernah menyadari bahwa dampak logo buruk ternyata bisa menjadi salah satu penyebab yang akan menghancurkan bisnis Anda tersebut.

3. Memaksa Melakukan Redesign

Jika logo kurang maksimal dalam sebuah brand, langkah selanjutnya adalah Anda akan dipaksa untuk melakukan desain ulang terhadap logo tersebut. Redesign mungkin terdengar tidak masalah dan sah-sah saja, tapi jika sebelumnya Anda sudah mengeluarkan uang yang banyak untuk logo yang kurang maksimal dan harus mengeluarkan uang lagi, maka akan mengakibatkan kerugian. Bayangkan jika ini terjadi secara terus menerus, maka tidak menutup kemungkinan bisnis Anda pun akan tidak berkembang dikemudian hari.



4. Menjadi Bumerang Saat Melakukan Branding

Dampak dari memiliki logo buruk yang terakhir adalah menciptakan bumerang untuk kegiatan bisnis yang Anda lakukan. Pada umumnya logo juga akan dimanfaatkan untuk kegiatan branding.

Anda akan memasang logo tersebut pada kartu nama, surat, merchandise, packaging product dan bahkan iklan untuk dipromosikan lebih lanjut. Namun sebaik apapun usaha branding yang dilakukan, jika desain logo Anda buruk maka akan menjadi bumerang kegagalan.

Itulah beberapa hal negatif yang siap menyambut Anda saat memiliki logo yang kurang maksimal dalam sebuah brand. Jadi, ntuk menghindari beberapa dampak diatas, buatlah logo dengan baik, buat konsep yang matang dan pilih desain grafis atau jasa pembuatan company profile yang bisa mempresentasikan perusahaan Anda secara maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar