Kamis, 12 Januari 2017

Brand-Brand Dengan Bentuk Logo Yang Sangat Unik



Logo mempunyai peran yang sangat signifikan dalam menentukan kesuksesan bisnis. Ia merupakan simbol atau tanda yang mewakili perusahaan dan mempunyai makna tertentu. Logo menjadi pembeda antara perusahaan yang satu dengan yang lain. Itulah kenapa sebuah perusahaan perlu memiliki logo unik yang berbeda dengan logo yang sudah pernah ada.

Banyaknya logo-logo perusahaan yang pernah dibuat membuat perancangan desain logo unik dan orisinal semakin sulit. Itu merupakan suatu tantangan tersendiri bagi para desainer logo untuk lebih kreatif dalam menciptakan karya desain logo baru yang bagus dan unik.


Anda mencari inspirsi desain logo unik atau sedang berpikir membuat logo baru untuk bisnis dan usaha sendiri? Yuk, rancang logonya dengan unik agar menarik banyak minta orang. Berbicara tentang logo unik khususnya tentang jasa desain logo, ini dia beberapa logo unik yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda.

Bentuk Logo - Picture Mark

Sebuah simbol atau tanda mengandung banyak arti yang sering dipakai dalam logo. Bentuk logo yang menonjolkan simbol atau tanda disebut dengan picture mark. Istilah lain yang sering dipakai yaitu simbol, ikon atau brandmark. Kelebihan picture mark yaitu simbol logo dapat berdiri sendiri tanpa penggunaan nama perusahaan.

Untuk memakai bentuk logo ini, simbol harus dirancang seunik dan sesederhana mungkin agar mudah dikenal dan diingat audiens. Jika sebuah simbol tersebut sudah tertanam kuat dalam pikiran orang, maka penggunaan kata atau tulisan yang menggambarkan nama perusahaan dapat dihilangkan. Beberapa logo dengan picture mark diantaranya Wendy's, Twitter, Puma, dan lain-lain.



Bentuk Logo - Wordmark

Wordmark merupakan logo yang hanya terdiri dari susunan kata (teks) yang bertuliskan nama perusahaan. Sobat pasti sangat akrab dengan logo Google yang hanya berupa tulisan saja. Nah, itulah salah satu contoh wordmark. Istilah lain yang sering dipakai yaitu logotypes.

Untuk perusahaan yang baru, wordmark merupakan salah satu pilihan agar orang lebih cepat mengingat perusahaan. Wordmark dapat berfungsi secara efektif apabila nama merek tergolong unik. Contohnya, Canon, Google, serta Air Asia yang hanya menampilkan nama merek tanpa penggunaan simbol (picture mark).



Bentuk Logo - Emblem

Bentuk logo emblem sekilas hampir mirip dengan combination mark. Namun, ada ciri khusus yang membedakan keduanya. Logo combination mark, tulisannya berdiri di luar bidang dan bisa saja terpisah dengan simbol. Sedangkan logo emblem, tulisannya berada di dalam sebuah bidang yang tak terpisahkan. Bentuknya menyerupai badge yang menjadi satu kesatuan utuh antara teks dengan bidang.

Misalnya, logo UPS dan Harley-Davidon yang teksnya atau nama perusahaan berada di sebuah bidang perisai. Contoh lain yaitu logo Samsung yang berupa simbol berbentuk oval diagonal dengan nama merek di dalamnya.



Bentuk Logo - Combination Mark

Sebagian besar logo perusahaan di dunia merupakan kombinasi antara tulisan (wordmark/lettermark) dan simbol (picture mark). Perpaduan antara teks dan simbol disebut dengan combination mark. Bentuk logo combination mark mempunyai kelebihan, yaitu audiens dapat mengenal nama perusahaan sekaligus mengingat simbol atau ikon.

Salah satu contoh bentuk logo combination mark, yaitu logo situs e-commerce Amazon. Logo Amazon menampilkan perpaduan yang harmonis antara teks dengan simbol smiley dan panah yang menghubungkan antara huruf "A" dan "Z". Bentuk logo combination mark mempunyai banyak variasi. Ada logo dengan simbol dan teks yang tak terpisahkan, misalnya logo RCTI, Amazon dan Youtube dan ada pula yang simbol dan teksnya terpisah seperti logo Total.



Bentuk Logo - Lettermark

Hampir sama dengan wordmark, lettermark juga hanya menampilkan nama perusahaan. Bedanya, lettermark merupakan susunan kata berupa singkatan (akronim) atau inisial. Apabila nama perusahaan dinilai terlalu panjang, maka bentuk logo berupa lettermark adalah pilihan yang tepat.

Penggunaan lettermark untuk nama merek yang panjang merupakan solusi sederhana yang efektif. Tujuannya, agar audiens lebih cepat menghafal dan mengingat nama perusahaan. Misalnya, perusahaan televisi global "Cable News Network" yang disingkat menjadi CNN. Bayangkan, jika audiens harus mengingat nama perusahaan yang panjang, tentu akan cukup merepotkan, bukan?



Itulah beberapa desain logo yang terbilang cukup unik saat ini. Beberapa sangat familiar di telinga kita, bukan? Dan jika Anda suka, bisa membuat beberapa logo yang simple dan unik dari logo diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar