Selasa, 17 Januari 2017

Bosan! Benarkah Desain Website Sekarang Tampak Sama Semua?



Jendela bagi sebuah perusahaan, itulah peranan website saat ini. Ada banyak fungsi dari sebuah website, salah satunya sebagai jembatan agar user bisa melihat seperti apa perusahaan kita saat ini.

Yang menarik dari sebuah website, tentu saja desain dari website itu sendiri dimana kini banyak website sudah dibuat sedemikian rupa bukan hanya dengan memperkaya warnanya saja tetapi juga isi dari website tersebut. Berbicara tentang desain website termasuk yang didesain oleh jasa desain logo, benarkah jika saat ini desain semua website tampak sama dan familiar?


Untuk menjawabnya, coba kita utarakan satu pertanyaan pertanyaan yaitu "kapan terakhir kali Anda melihat sebuah desain website yang tidak memiliki gambar besar yang memenuhi layar dan dilengkapi dengan tulisan besar diatasnya?" Kami yakin hari inipun Anda sudah melihat setidaknya satu website seperti itu.

Setelah itu coba untuk scroll kebawah dan kembali Anda akan disambut dengan sebuah panel lebar yang cukup besar dan memenuhi layar, kali ini dengan warna yang solid dan biasanya memiliki 3 kolom dan didalam setiap kolomnya disertai gambar atau sebuah icon.



Mengapa akhir-akhir ini website tampak sama? Dimana hampir setiap website baru saat ini memiliki irama yang sama seperti itu dengan tampilan yang familiar, yang membedakan hanya isinya saja dan juga branding yang ditawarkan.

Jawabannya adalah dari pengembangan website. Saat ini, desain dan juga pengembangan untuk sebuah website seperti itu mungkin sangat mudah dan cepat untuk dibuat. Siapapun bisa melakukannya, itulah mengapa jika dilihat dari kacamata kita, semua website nampak sama. Bagus memang, tetapi tidaklah unik.

Karena kesamaan inilah dari sisi klien biasanya akan berpengaruh, ketika seseorang klien melihat sebuah website di internet, mereka akan meminta Anda untuk membuat desain yang seperti ini juga.
Mungkin seperti itulah kekuatan trend. Selalu nampak similar dan sama dari semua aspek. Pengembang web dan klien memiliki pandangan yang sama, jadi efeknya adalah setiap website baru yang muncul sekarang ini memiliki rasa yang sama.

Apakah Anda bosan dengan tampilan seperti ini? Mungkin beberapa ada yang bosan melihatnya ada juga tidak. Namun tidak ada yang salah dengan desain seperti itu, itu lumrah, selama informasi yang ingin disampaikan website bisa sampai kepada para pengunjungnya. Semua tidak jadi masalah. Bukankah itu fungsi utama sebuah website? untuk media penyampai informasi.

Meskipun begitu, tetap saja yang sangat disayangkan adalah website sekarang tidak seunik dahulu. Semua orang mungkin boleh mengejek website dahulu dengan kata kuno, namun setidaknya satu hal yang kita bisa ambil dari website dahulu adalah desainnya tidak ada yang sama. Para pengembang website dahulu cukup unik, dan hampir semuanya berbeda.

Jadi, apakah kita harus kembali kepada era website dahulu dengan tamplate yang berbeda? tentu saja tidak. Yang harus dipertanyakan kini adalah hanya soal unik nya sebuah kreativitas seorang desainer, bukan soal teknologinya.



Dengan begitu desain web nantinya akan kembali beragam, dan tidak membosankan lagi. Desain dulu juga kaya akan sentuhan grafis, Photoshop sangat berperan disana, namun banyak website sekarang tidak dirancang dengan baik seperti dulu. Website sekarang prosesnya sangat mudah, tinggal download framework, buat kolom, lengkapi dengan gambar dan tulisan, lalu selesai..

Sudah jarang website yang dibuat khusus dengan photoshop, jadi tidak ada proses perancangan, tidak perlu slicing disana, tidak ada proses konversi psd ke html. Jadi bisa jadi hal tersebut yang menjadikan website sekarang tampak sama dan kurang memiliki sentuhan seni grafis yang baik dari desainer.

Lantas, apa yang harus dilakukan sekarang untuk membuat sebuah hal pembeda antara suatu website yang satu dengan yang lainnya? Jawabannya adalah keunikan dan kreatifitas yang sebisa mungkin harus ada dalam desain website.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar