Rabu, 11 Januari 2017

Hindari Kesalahan Ini Saat Mendesain Logo Untuk Usaha Kecil



Logo merupakan salah satu kunci sukses dalam mengembangkan bisnis Anda. Selain sebagai sebuah identitas dan pembeda dari brand yang lainnya, logo juga mempresentasikan profesionalisme dan nilai seni untuk mendongkrak lebih jauh terkait brand yang kita miliki.


Seperti dilansir situs jasa desain logo pentingnya mengembangkan logo tidak semua dirasakan oleh perusahaan, khususnya perusahaan mereka yang masih dirintis dan usaha kecil. Mereka seringkali menganggap bahwa di awal perjalanan bisnis mereka, desain logo hanya sekedar gambar. Anggapan yang salah ini berpotensi menghasilkan logo yang buruk dan apabila terus dipertahankan, dapat mengakibatkan hilangnya minat klien atau pelanggan potensial.

Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut ini kami informasikan beberapa kesalahan yang umum dilakukan terkait dengan merancang desain logo untuk bisnis kecil.

Mengambil Gambar Clip Art

Pilihan gambar untuk desain logo biasanya diambil secara acak dari internet atau menggunakan Clip Art. Jelas ini sebuah kesalahan meskipun tujuannya untuk menghemat pengeluaran katena dapat mengakibatkan logo Anda terkesan murahan dan tidak terlihat profesional. Bahkan, kemungkinan logo Anda bisa diklaim hak ciptanya dari pemilik gambar atau elemen lain yang anda gunakan. Jadi, hindarilah menggunakan Clip Art sebagai logo.



Menggunakan Kata Yang Rumit

Selain gambar, sebuah logo juga menyertakan elemen Huruf di dalamnya. Keinginan untuk menuliskan nama perusahaan menggunakan font indah yang rumit merupakan salah satu kesalahan mendasar dari pemilik usaha kecil.

Padahal, pemilihan jenis huruf harus didasarkan pada produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan anda. Kesalahan dalam penggunaan huruf tidak hanya membuat logo anda menjadi tidak terbaca, tetapi juga dapat mengirim persepsi yang salah pada pelanggan.



Slogan Yang Berlebihan

Slogan pastinya dimiliki oleh setiap perusahaan dan brand-brand tertentu. Boleh saja kita memasukan slogan di dalam logo, asalkan di letakan dengan benar dan bunyi dari slogan itu sendiri tidaklah berlebihan. Perlu anda ingat bahwa kreatifitas dalam desain logo terbatas pada elemen grafis, slogan yang kreatif dan mempresentasikan brand.



Menambahkan Hal-Hal Yang Tidak Perlu

Sebagai pemilik sebuah perusahaan, mungkin ada keinginan kuat untuk menunjukkan pada klien atau pelanggan mengenai status perusahaan, sehingga kata-kata PT atau Perusahaan Terbatas muncul di dalam desain logo. Sebenarnya, unsur-unsur semacam itu tidak diperlukan dalam sebuah desain logo.

Namun, jika anda bersikeras dan beranggapan bahwa mencantumkan PT adalah hal penting untuk produk dan layanan yang anda berikan, maka dapat dipertimbangkan untuk menambahkan konsep ini dalam tagline atau slogan anda sebagai gantinya.



Menggunakan Grafik Yang Rumit

Terkadang, keinginan untuk menampilkan logo dengan gambar fantastis atau grafik yang terlihat rumit, membuat pemilik usaha kecil mengabaikan efek lanjutan dari pemilihan tersebut.

Mereka tidak menyadari bahwa penggunaan gambar atau grafik yang rumit dalam desain logo tersebut mungkin terlihat fantastis di internet, namun tidak cocok ketika diimplementasikan ke dalam media offline, terlebih jika grafik tersebut sama sekali melenceng dari brand yang kita miliki.



Itulah beberapa syarat utama dalam membuat logo khususnya untuk Anda yang statusnya masih perusahaan kecil. Logo cukup gunakan yang simple saja, namun memiliki originalitas yang tinggi dan menarik tatkala kita melihatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar