Selasa, 24 Januari 2017

Make It Simple! Kenali 5 Shortcut Terbaik Untuk Photoshop



Sebagai seorang desainer website, tentunya kamu sudah akrab dengan aplikasi editor gambar. Satu yang masih populer dan masih betah berada di puncak adalah aplikasi bernama Photoshop.

Dengan beragam pilihan menu yang dapat digunakan untuk memudahkan pekerjaanmu dalam membuat sebuah desain website, Photoshop banyak menawarkan kelebihan-kelebihan lain, seperti dengan adanya beberapa shortcut yang dapat digunakan ketika kamu tidak ingin melakukan klik menu maupun klik kanan.


Nah, untuk Anda yang ingin selalu dimudahkan dari aplikasi Photoshop, berikut ini merupakan 5 shortcut terbaik dari Photoshop yang sudah seharusnya kamu hafal.



Mengisi Layer

Untuk mengisi layer pada Photoshop, kamu dapat menggunakan menu Edit > Fill dan kemudian memilih isiannya dengan pola, warna tertentu, maupun memberikan warna untuk background dan foreground. Shortcut Photoshop yang sudah pasti kamu kenal akrab salah satunya adalah Alt + Delete atau Ctrl + Delete untuk mengisi layer dengan pemberian warna untuk background dan foreground desain website yang dibuat.

Menduplikasi Layer

Terkadang seorang desainer ataupun jasa pembuatan company profile membutuhkan layer duplikasi untuk memudahkan pengerjaan desainnya, sehingga shortcut Photoshop berupa Ctrl + J dapat kamu gunakan untuk menduplikasi layer aktif. Perlu diingat bahwa J berarti Jump, sehingga layer yang diduplikasi seolah meloncat.

Namun, apabila kamu memiliki area terseleksi, tekan Ctrl + Shift + J untuk memotongnya ke layer baru. Efeknya sama seperti perintah Layer > New > Layer via Cut. Cara lain menduplikasi layer adalah dengan menggesernya ke atas ikon New Layer atau dengan klik kanan dan pilih Duplicate Layer. Tentu saja, ini cara kuno yang menghabiskan waktu 2 detik

Modifikasi Seleksi

Pada saat membuat desain, kamu dapat menekan Spasi ketika membuat seleksi untuk menggesernya. Jika sudah ada seleksi, lalu kamu ingin menambahkan seleksi baru, tahan Shift. Untuk mengurangi, gunakan Alt dan untuk membuat perpotongan seleksi tahan Shift + Alt. Shortcut Photoshop ini lebih mudah diingat, bukan?



Mengatur Ukuran Brush

Shortcut photoshop lain yang dapat kamu gunakan dalam membuat desain website adalah dengan menggunakan tombol [ atau ] untuk memperkecil atau memperbesar ukuran brush. Ini berlaku semua tool yang berbasis brush, misalnya Tool Brush, Pencil, Eraser, Dodge, dan lain-lain. Jika ditambahkan Shift, jadi Shift + ] dan Shift + [, maka kamu akan mengatur Hardness atau Flowtool yang sedang aktif.

Meratakan Layer

Saat kamu ingin meratakan layer, kamu bisa menyatukan semuanya dengan menekan Ctrl + E untuk menggabungkan layer aktif dengan layer di bawahnya. Jika ingin menyatukan semua pixel terlihat ke dalam satu layer, tanpa mempengaruhi layer-layer yang sudah ada, tekan Ctrl + Shift + Alt + E. Sebaliknya, jika kamu ingin membuang semua layer dan menjadikannya satu layer saja, tekan Ctrl + Shift + E.

Itulah beberapa shortcut pada photoshop yang bisa Anda pahami. Ingat, photoshop masih memegang peranan penting dalam desain grafis, dan cara singkat ini bisa menjadi senjata ampuh Anda untuk lebih mengenal photoshop dan meningkatkan keahlian dibidang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar