Minggu, 01 Januari 2017

Berapakah Posisi Indonesia Dalam Rangking Desain Grafis Dunia?



Desain Grafis sudah menjadi sebuah profesi yang mendunia. Bisa dipastikan di setiap negara saat ini, Desain Grafis sudah menjadi sebuah profesi yang banyak diminati. Ini dilihat dengan semakin banyaknya jasa desain company profile dan Universitas yang menyertakan Desain Grafis dalam kurikulumnya.

Di Indonesia sendiri, perkembangan Desain Grafis sudah sangat pesat. Setidaknya, hampir semua advertasing selalu menyertakan profesi ini dalam jobdesknya. Selain itu, karena kefleksibelannya, Desain Grafis pun banyak digeluti.


Namun sayang, jika dilihat dari kacamata rangking dunia, Indonesia masih tertinggal juah dibandingkan negara lainnya. Walaupun Indonesia sendiri kaya akan seni, tetapi ternyata belum bisa mendunia, dan masih sedikit pula insan grafis Indonesia yang meraih penghargaan dalam bidang ini.

The world design ranking (WDR) adalah catatan dari posisi teratas dari negara berdasarkan partisipasi desainer nya yang paling banyak mendapatkan penghargaan dengan Grade A setiap tahun nya.

Tujuan WDR adalah untuk memberikan data yang relavan dan pengetahuan untuk ekonom dan wartawan berkaitan dengan industri desain; dan pada akhirnya berkontribusi terhadap kultur budaya global yang lebih besar berdasarkan advokasi dan desain yang baik.

Skor yang ada sejauh ini merupakan rata-rata peringkat antara tahun 2010 dan 2014 dan telah terlihat perubahan kecil selama setahun terakhir, dengan negara dengan peringkat tertinggi ditahun 2013.

Diperingkat pertama, tentu saja Negara Superpower, USA dengan memiliki 174 penghargaan. Berlanjut ke posisi kedua adalah negara Turkey dengan 152 penghargaan. Hong Kong bertengger di posisi ketiga dengan 130 penghargaan. Lanjut di posisi ke 4 dan 5 adalah Italia dengan 101 penghargaan dan Inggris Raya dengan 78 penghargaan.

Dalam Rangking ini, Indonesia sendiri duduk manis di posisi 70 dengan hanya 1 penghargaan. Dilihat dari Rangking ini, Indonesia merupakan salah satu negara di Asia yang masih lemah dalam Desain Grafis. Namun, dengan banyaknya keberagaman budaya dan seni serta anak-anak Nusantara yang kreatif, bisa dipastikan dalam beberapa tahun kedepan Indonesia akan meningkat Rangkingnya. Yakin? Tentu saja.

Berikut daftar lengkap terkait rangking desain grafis di seluruh dunia dilansir The World Design Ranking.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar