Rabu, 25 Januari 2017

Hirarki Visual Dalam Desain Website



Hirarki visual merupakan salah satu prinsip terpenting yang ada dibalik setiap desain website. Hirarki visual sendiri bertujuan agar desain website yang Anda buat bisa selaras dengan konten yang akan dimuat tanpa membuat kekosongan pada beberapa temoat.

Prinsip hirarki visual dalam desain website harus benar-benar diikuti oleh para desainer grafis, sebab prinsip ini mengatur elemen-elemen mengikuti perhatian yang berhubungan secara langsung dengan titik fokus.


Belum terlalu banyak orang yang mengerti akan Hirarki Visual ini. Untuk Anda dan yang bergerak dibidang jasa desain logo yang baru saja menekuni dunia desain website, artikel ini dapat membantu kamu memahami hirarki visual dalam desain website secara lebih jauh.



Hirarki Visual Secara Umum

Hirarki adalah sebuah sistem atau organisasi dimana orang atau kelompok yang memiliki satu peringkat di atas yang lain sesuai dengan status atau otoritas. Demikian pula dalam hal desain website, hirarki dapat memandu pengunjung menuju konten yang dianggap sesuatu yang paling penting.

Tidak hanya terbatas pada teks, tetapi gambar pun termasuk dalam prinsip hirarki visual ini. Secara umum, orang terbiasa membaca teks dari kiri ke kanan dan atas ke bawah, sehingga posisiteks dan gambir pada sebuah website harus mengikuti aturan ini.

Selain itu, pola membaca juga harus diikuti oleh seorang desainer grafis dalam menciptakan halaman website, sehingga penting untuk menempatkan elemen penting seperti logo dan ikon “buy” atau “register” di halaman awal sebuah website. Desain website adalah sinyal acuan bagi para pengunjung untuk mengetahui bagian mana yang perlu dibaca terlebih dahulu.

Hirarki visual dalam sebuah website tidak boleh di terapkan secara sembarangan. Dibutuhkan pemahaman yang luar biasa agar bisa membangkitkan nilai artistik dari desain website itu sendiri. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam mengenali hirarki visual dengan baik.

Memilih Font Yang Sesuai

Hirarki visual dalam desain website yang selanjutnya terletak pada pemilihan font yang dilakukan oleh seorang desainer. Desain website yang efektif adalah apabila desainer grafis mampu memilih font yang sesuai untuk menggabungkan judul tulisan dan teks yang ada pada bagian badan website. Ada banyak jenis font yang dapat kamu pilih, sesuaikan font dengan tema website dan pesan apa yang ingin disampaikan kepada pengunjung melalui tulisan tersebut. Sebaiknya kamu memilih font yang tidak berkapasitas besar sehingga tidak membuat loading pada website tersebut menjadi lebih lambat.



Pemilihan Warna Yang Efektif

Penggunaan warna tertentu sangat mempengaruhi tampilan sebuah website, sehingga hal ini juga merupakan hirarki visual dalam desain website yang harus dipahami oleh seorang desainer grafis. Penempatan gambar dan penggunaan warna dapat menghancurkan website itu sendiri jika tidak dilakukan dengan berhati-hati, sehingga seorang desainer harus mampu mengendalikan diri agar tidak berlebihan dalam menggunakan dua hal tersebut.

Perhatikan Ukuran

Pada hirarki visual dalam desain website, ukuran juga memiliki peranan penting yang dapat mempengaruhi perhatian pengunjung. Memperhatikan ukuran pada masing-masing elemen yang ada di sebuah halaman website merupakan cara efektif yang dapat membimbing pandangan pengunjung ke bagian tertentu dari website tersebut. Seorang desainer grafis harus mampu mengkorelasikan ukuran, sebab yang dijadikan ukuran terbesar harus menjadi hal yang pokok dan wajib diperhatikan oleh pengunjung.

Itulah beberapa informasi terkait dengan hirarki visual pada desain grafis dan website. Setelah memahami hirarki visual dalam desain website, apakah kamu siap menjadi seorang desainer grafis professional?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar