Selasa, 10 Januari 2017

5 Komponen dan Karakteristik Dalam Flat Desain



Dunia desain grafis sudah berkembang dengan pesat hingga saat ini. Banyak jenis desain grafis yang dikenal, salah satunya yang sedang 'naik daun' adalah flat desain. Apa itu flat desain?

Dipengaruhi oleh desain Swiss (internasional) dan minimalis artistik, flat desain menggunakan teknik dari berbagai media dan era dan menariknya semua itu tergabung menjadi satu. Flat Desain juga disebut juga desain dua dimensi yang dikombinasikan dalam sebuah media baik logo maupun iklan.

Jika Anda memang suka hal-hal yang simple, flat desain ini bisa dipilh untuk desain grafis yang dibuat. Nah, berikut ini ada lima komponen dan karakteristik dalam flat desain yang perlu Anda ketahui. Simak infonya, ya!

1. Long Shadow

Long Shadow disebut juga dengan bayangan yang panjang. Unsur ini merupakan bagian dari Flat 2.0, dimana long shadow ini menambah kedalaman dan kompleksitas, bayangan ini tidak mengorbankan unsur-unsur minimalis, namun elemen ini membuat flat design menjadi telihat lebih menarik.



2. Warna Yang Dinamis

Flat desain juga memerlukan efek visual untuk memperindah tampilan desain dan untuk meningkatkannya, flat desain mengimplementasikan penggunaan warna yang dinamis, terutama warna-warna cerah seperti merah, putih dan biru.

Flat desain juga bisa dikombinasikan dengan warna-warna yang memiliki energi kontras dengan satu sama lainnya agar nantinya flat desain bisa menimbulkan warna yang terlihat kusam di halaman web menjadi semakin menarik untuk dilihat.

3. Tipografi Yang Sederhana

Tipografi dalam flat design tetap sederhana dan mudah untuk dibaca, yang biasanya setara dengan sans serif. Boleh saja Anda memilih tipografi yang rumit namun biasakan mudah untuk dibaca dan dipahami karena tipografi memiliki arti luas dimana sebuah gambar bukan hanya dilihat tetapi juga kita artikan dan pahami maksud pembuatannya.

4. Ghost Button

Salah satu elemen paling trendi di dunia web desain akhir-akhir ini adalah penggunaan Ghost Button, yaitu sebuah tombol yang biasanya letaknya sangat strategis dan terlihat seperti kotak yang hanya terlihat bagian pinggirnya saja (border/stroke), sedangkan bagian dalamnya kosong. Ini bisa menjadi pilihan karena secara tidak langsung, Ghost Button ini merupakan salah satu pendukung flat desain tampak lebih maksimal dan menarik.



5. Minimalis

Flat desain itu sangatlah minimalis, dua hal ini tidak bisa dipisahkan, berbagi banyak prinsip yang sama seperti kesederhanaan dan desain yang berfokus pada konten.

Meskipun desain minimalis itu terlihat sederhana dan mudah, namun nyatanya cukup sulit untuk menerapkan desain minimalis. Dengan sedikitnya elemen berarti Anda harus menggunakan elemen yang tersedia dengan sangat hati-hati.

Itulah beberapa komponen dan karakteristik dalam flat desain. Pastikan, Anda membuat flat desain terlebih dari jasa desain logo secara maksimal dengan memperhatikan komponen diatas agar tampilannya tetap baik meskipun minimalis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar