Senin, 16 Januari 2017

Untuk Para Desainer Grafis, Ini Dia Tips Menghadapi Deadline Dari Client



Menjadi seorang desain grafis memang terasa mudah, namun jika sudah menghadapi tenggat waktu atau deadline khususnya dari client, semua akan terasa rumit dan berat terlebih jika memang Anda kurang memiliki inspirasi terkiat desain grafis.


Apakah deadline dari client bisa di atasi? Ya, tentu saja bisa. Dengan perencanaan dan manajemen waktu yang baik, maka deadline bisa diatasi dengan sangat mudah. Selain itu, untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan, koordinasi dengan client khususnya bagi Anda yang bergerak di jasa pembuatan company profile bisa dilakukan khususnya terkait keinginan desain grafis seperti apa yang mereka inginkan.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut beberapa tips terkait dengan mengatasi tenggat waktu atau deadline desain grafis dari client.



1. Catat segalanya lalu tempelkan di dinding

Apa hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan sehubungan dengan bagaimana menghadapi tenggat waktu? Semuanya adalah tentang daya ingat. Anda tidak bisa memaksakan otak untuk mengingat segalanya, maka dari itu bantulah dengan mencatat segalanya lalu tempelkan di dinding. Melihat versi visual lebih baik dan mudah daripada hanya memikirkannya.

Tapi jika Anda memutuskan untuk mengikuti cara ini, Anda harus terorganisir. Satu cara Anda dapat melakukannya adalah dengan memisahkan setiap klien dengan warna berbeda agar tidak menjadi 'rancu' antara keinginan satu client dengan yang lainnya.

2. Selalu rencanakan segalanya di awal

Perencanaan awal merupakan sebuah ide bagus untuk menghindari hal - hal yang tidak diinginkan saat deadline tiba. Rencanakan semua kegiatanmu untuk seminggu dari jauh-jauh hari. Dengan merencanakan segala yang ingin kamu lakukan, kamu selangkah lebih dekat dalam mencapai tujuan-tujuanmu.

3. Berhenti berkata ya untuk setiap tawaran pekerjaan

Selanjutnya, adalah dengan mengetahui kapasistas diri dan kemampuan Anda. Jika Anda sudah mendapatkan banyak proyek, sepertinya bukanlah ide bagus untuk menerima tawaran pekerjaan lain. Jangan ambil setiap proyek yang ditawarkan kepadamu. Terkadang berkata tidak adalah hal yang bijak untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan terlebih jika sudah menyangkut dengan deadline pekerjaan Anda.



4. Prioritas

Dalam setiap proses desain, memberikan prioritas adalah kunci. Kebanyakan desainer grafis biasanya menghabiskan paling banyak waktu pada tahap sketsa. Jadi, buatlah tahap sketsa sebagai prioritas dan lakukan dengan tidak menghambur-hamburkan waktu.

Selanjutnya, jika klien Anda ada beberapa orang pada saat bersamaan, prioritaskan proyek berdasarkan yang paling penting dan atur berdasarkan siapa dulu yang pertama kali menyewa jasa Anda sebagai desain grafis.

Itulah beberapa hal terkait dengan mengatasi hal yang berhubungan dengan tenggat waktu dari client Anda. Penting diingat bahwa semua akan berjalan sesuai rencana jika kita bisa memilih mana yang kita prioritaskan dan juga memiliki manajemen waktu yang baik. Pastikan Anda menjadi seorang desainer grafis yang bijak agar bisa menyelesaikan semua pekerjaan sesuai dengan kapasitas dan waktunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar