Minggu, 15 Januari 2017

Selain Brosur, Inilah Media Promosi Cetak Yang Harus Didesain Dengan Menarik



Jika berbicara tentang media promosi khususnya media cetak, maka Brosur tidak bisa kita lewatkan. Sudah sejak lama, brosur menjadi media promosi yang dipilih banyak perusahaan untuk mempromosikan produknya, karena selain hemat dan mudah, brosur bersifat konvensional yang artinya semua orang sudah sangat mengenalinya.

Namun, apakah Anda tahu jika ternyata sekarang ini sudah banyak media promosi cetak lainnya yang bisa dijadikan media promosi? Bahkan, beberapa diantaranya terlihat nyeleneh dan kurang diminati, namun memiliki pengaruh yang bagus pada brand Anda asalkan di desain dengan menarik agar menarik perhatian banyak orang.

Apa sajalah media promosi cetak tersebut? ini dia informasinya.

Media Cetak - Banner

Berkembangnya mesin percetakan yang semakin maju dan canggih semakin memudahkan orang dalam mencetak materi promosi dalam ukuran besar. Banner umumnya dicetak dalam ukuran besar dan ditempatkan pada tempat-tempat yang mudah dilihat orang.

Bentuk banner dan teknik pemasangannya bervariasi. Banner yang dipasang pada rangka berbentuk seperti huruf X mudah dipindahkan dan dikenal dengan X-banner. Ukurannya pun bermacam-macam, ada pula yang berukuran kecil dan biasa ditempatkan di meja, disebut dengan mini X-banner. Bahkan, banner-banner pun kini sudah dipasang secara digital oleh beberapa media advertaising dan jasa desain company profile di Indonesia.



Media Cetak - Flyer

Media yang satu ini sangatlah praktis dan cocok untuk menampilkan informasi yang singkat namun padat. Ia berupa selebaran yang biasanya dibagikan kepada khalayak dan berupa informasi tentang program promosi seperti diskon atau kegiatan tertentu.

Flyer yang merupakan satu lembar kertas tanpa lipatan seringkali dicetak dalam jumlah yang banyak agar mudah menjangkau banyak orang. Desain dari flyer pun umumnya simple dan jelas, dengan hanya memasukan informasi yang bersifat to the point saja.



Media Cetak - Kalender

Kalender untuk media promosi? Yups, selain sebagai alat penunjuk tanggal dan hari serta bulan, Kalender pun bisa dijadikan media cetak untuk berpromosi. Caraanya, Anda bisa memasukan desain brand, produk dan tagline terkait apa yang akan di promosikan kedalam media kalender.

Jumlah lembaran kalender pun bervariasi. Ada kalender yang hanya berupa satu lembar mirip poster dan ada pula yang berupa banyak lembaran dengan memuat banyak gambar-gambar terkait dengan brand Anda.



Media Cetak - Kartu Nama

Walau teknologi canggih seperti ponsel pintar dapat menyimpan berbagai informasi dengan mudah, namun kartu nama masih tetap diperlukan. Ibaratnya, kartu nama adalah duta bisnis yang mencerminkan dan mewakili perusahaan Anda. Informasi yang harus ada dalam kartu nama yaitu nama perusahaan dan kontak yang bisa dihubungi.

Berbeda dengan media promosi lainnya, kartu nama bersifat privasi yang hanya memuat informasi pada Anda saja, dan apabila orang tertarik dengan brand Anda, mereka akan menghubungi Anda sebagai perwakilan dari brand.



Media Cetak - T-shirt

Kaos atau T-shirt merupakan media promosi cetak yang populer dan sangat mudah diterima oleh khalayak pada saat ini. Umumnya, orang secara suka rela memakai kaos promosi karena sifatnya yang nyaman dipakai dan dapat dipakai dalam banyak kesempatan, terutama dalam situasi yang tidak formal. Nah, dengan menampilkan logo merek pada kaos, maka secara langsung ataupun tidak, kita telah mempromosikan merek pada banyak orang. Desainlah kaos tersebut dengan menarik namun tetap mengambil tamplate khusus agar mencerminkan brand Anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar